Bagaimana Kualitas Pemuda di Zaman Rasulullah?

Post a Comment
Berikut adalah kualitas para pemuda yang ada di zaman Rasulullah SAW, coba kamu bandingkan sendiri bagaimana perbedaan kualitas pemuda di zaman nabi dahulu dan pemuda di zaman sekarang.


Bagaimana Kualitas Pemuda di Zaman Rasulullah?


1. Beda Potensi, Saling Berkolaborasi 

Di antara anak-anak muda itu ada Anas bin Malik yang sangat dominan dalam ilmu pengetahuan dan hafalan, tapi ada juga sahabat seusia dengannya bernama Al Barra' bin Azib yang tangguh di medan juang. 
Ada yang sepintar Zaid bin Tsabit yang canggih dalam hitung-hitungan ilmu waris, cekatan dalam pencatatan wahyu. Tapi juga ada Usamah bin Zaid, yang ditugasi Rasulullah untuk memimpin ekspedisi militer ke Syam. Bahkan Rasul bersabda tentangnya, "dia dilahirkan untuk memimpin." 

2. Menjadi Terbaik Tak Setengah-setengah 

Seperti Ali bin Abi Thalib, yang jadi the best nyaris di semua lini. Beliau mumpuni di bidang keilmuan, pemberani dalam setiap lapangan pertempuran, menjadi referensi bagi sahabat-sahabat senior, dan cakap dalam ilmu hikmah kebijaksanaan. 
Seperti Salamah bin Akwa. Larinya tak setengah-setengah dalam mengejar musuh dalam Perang Dzi Qard. Langkah kakinya bisa menyusul kuda pasukan Ghathafan, bahkan sembari menembak anak-anak panah. Rasulullah sampai-sampai menggelari beliau sebagai "infanteri terbaik." 

3. Orientasi yang Rabbani 

Masih muda, tapi bara semangat mereka adalah untuk menolong Islam dan membela Rasulullah Kariernya memang berbeda-beda, tapi mereka semua besar bukan karena alasan kepuasan diri sendiri. Mereka besar karena menjadikan orientasi hidupnya untuk yang Mahabesar. 
Segala yang diorientasikan untuk Allah, maka Allah lah yang akan membesarkannya dengan cara-Nya nan sempurna. 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter