Monday, 10 August 2020

7 Sahabat Yang Paling Banyak Meriwayatkan Hadits

Hadits adalah mutiara yang sangat penting bagi seorang muslim sebagaimana Al Qur'an. Fungsi hadits adalah sebagai penjelas, penguat dan bahkan menjadi sumber syariat yang tidak tertera secara detail dalam Al Qur'an. Siapa sajakah sahabat paling banyak meriwayatkan hadits?
.

7 Sahabat Yang Paling Banyak Meriwayatkan Hadits

1. Abu Hurairah; Meriwayatkan 5374 Hadits

Sahabat asal Yaman ini hanya 4 tahun bersama Rasulullah, namun seluruh hidupnya ia wakafkan untuk mengabadikan semua perkataan Rasulullah dalam hafalannya yang sangat kuat. Tempat tinggalnya di Masjid Nabawi memungkinkan Abu Hurairah meriwayatkan sampai 5374 hadits. Beliau wafat di Madinah pada era Kekhalifahan Muawiyah bin Abi Sufyan. 

2. Abdullah bin Umar; Meriwayatkan 2630 Hadits

Putra Umar bin Khattab ini memang istimewa dengan tekadnya untuk meniru segala hal tentang Rasulullah bahkan hingga cara berjalan dan tempat- tempat yang dikunjungi Rasulullah sehari-hari. Selain tangkas di bidang hadits, tafsir dan fiqh, Abdullah bin Umar juga handal di medan tempur bahkan mencapai penaklukan Afrika. Usianya yang muda dan intensitas pertemuan dengan Rasulullah membuat riwayat haditsnya banyak. 

3. Anas bin Malik; Meriwayatkan 2286 Hadits

10 tahun lamanya Anas bin Malik menjadi asisten pribadi Rasulullah, dan itu jadi rahasia keberkahan hidup Anas. Sebab beliau diberi umur panjang dan anak yang banyak berjumlah 100 lebih. Dikenal pula sebagai pemanah ulung di peperangan melawan nabi palsu. Rasulullah menganggapnya seperti anak sendiri selama hidupnya. Sepeninggal Rasulullah, Anas bermukim di Kota Bushra hingga wafatnya.

4. Aisyah binti Abu Bakar; Meriwayatkan 2210 Hadits

Ibunda Aisyah menjadi sumber hadis yang langsung bersumber dari rumah tangganya dengan Baginda Rasulullah. Abu Musa Al Asy'ari berkata, "Jika ada hadis yang tidak kami tahu maknanya, maka kami datang kepada Aisyah dan mendapatkan ilmu darinya." Beliau terhitung sebagai wanita paling paham tentang ajaran Islam di era sahabat. Pengetahuannya mencakup hadis, tafsir dan fiqh terlebih tentang rumah tangga dan wanita.

5. Abdullah bin Abbas; Meriwayatkan 1660 Hadits

"Tinta Umat", begitulah para sahabat menggelari Abdullah bin Abbas. Sahabat ini termasuk junior di antara generasi sahabat lainnya, namun semuanya bersaksi bahwa Ibnu Abbas ini merupakan sumber ilmu yang sangat diperhitungkan. Umar bin Khattab sering menghadirkan Ibnu Abbas dalam musyawarah kenegaraan, karena ide-ide dan ilmu Ibnu Abbas memahamkan para sahabat. Beliau wafat di Kota Thaif di usia 71 tahun.

6. Jabir bin Abdillah; Meriwayatkan 1540 Hadits

Sahabat Anshar ini adalah pembela Rasulullah sejak langkah pertama Rasul di Kota Madinah. Seringnya beliau menghadiri majelis Rasulullah di Masjid Nabawi dengan ingatannya yang kuat membuat beliau meriwayatkan banyak hadis. Sepeninggal Rasulullah, Jabir meneruskan perjuangan dengan mengikuti Pembebasan Syam di bawah kepemimpinan Khalid bin Walid. Beliau wafat di Kota Madinah setelah menjadi Mufti kota tersebut.

7. Abu Said Al Khudri; Meriwayatkan 1170 Hadits

Beliau berusia 10 tahun ketika Rasulullah datang ke Madinah. Di usia 12 tahun, beliau ingin ikut dalam Perang Uhud, namun Rasulullah melarangnya karena usianya masih terlalu muda. Meskipun begitu, Abu Said Al Khudri kemudian mengikuti semua pertempuran yang dipimpin Rasulullah. Sahabat ini wafat di Kota Madinah dan dimakamkan di Baqi' dekat Masjid Nabawi.

Sumber : Musthalah Al Hadits, Dr Mahmud Thahhan.  https://www.instagram.com/p/CDqZWZrMTaD/