Tuesday, 11 August 2020

3 Sebab Pentingnya Belajar Sejarah Islam

Kita tidak belajar sejarah hanya demi romantika semata. Belajar sejarah dan mencukupkan diri dengan mengenangnya adalah sebuah kebodohan. Sebagaimana: tak mau belajar dari sejarah adalah juga sebuah kerugian.

Kita belajar dari sejarah justru untuk mengevaluasi kenapa kita jatuh; agar tahu kenapa sebabnya, sebab umat ini tak akan bisa mengobati sakitnya kalau belum berhasil mendiagnosis penyakitnya. Dan untuk melihat bagaimana cara pendahulu kita melewati detik-detik jatuh hingga mengubahnya menjadi bangkit.


3 Sebab Pentingnya Belajar Sejarah Islam


Pertama, sepertiga Al Qur'an berkisah tentang sejarah, tentang kisah-kisah. 

Dan siapapun tahu, bahwa Al Qur'an tidaklah diciptakan melainkan untuk membimbing manusia menuju kesuksesan. Siapapun yang belajar dari sejarah, ia akan menemukan bahwa kemenangan dan kejayaan selalu punya syarat, dan kekalahan selalu punya sebab. Bagaimana cara mengetahui syarat dan sebab itu? Sejarah adalah jawabannya. 

Kedua, Sejarah adalah cara kita menemukan harapan. 

Di saat zaman semakin menggila, kita dipukul di setiap sendi terkuat kita, umat merintih dan gemetar tak kuat menahan beban, justru di saat itulau sejarah bilang, "orang orang kuat selalu muncul dari zaman yang sulit." Dan ia selalu berulang membentuk pola. Pola yang takkan berubah. Dari mana kita menemukan pola-pola itu? Sejarah kuncinya. 

Ketiga, sejarah membuat kamu memiliki karakter visioner. Tidak gampang kaget. 

Ketika tahu zionis menjajah Palestina, kamu paham ada cara-cara untuk membebaskannya. Ketika keadaanmu serba sulit, kamu tak gampang kikuk sebab justru orang-orang besar lahir dari keadaan serba minimal. Dari mana kita mengetahuinya? Dari sejarah.