Tuesday, 11 August 2020

Kenapa Rasulullah Dibesarkan diluar Mekkah? (Rahasia dari Bani Sa'ad)

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa di masa kecilnya, Rasulullah ﷺ dibesarkan justru di luar kota Makkah? Mengapa beliau justru dibawa ke tempat yang jauh dari peradaban metropolis yang di sana manusia berpusaran mengelilingi Ka'bah?


Kenapa Rasulullah Dibesarkan diluar Mekkah?

Salah satu yang saya dapatkan bacaan, nasihat dan dari perjalanan juga pengalaman, adalah bahwa manusia yang lahir di tempat yang memiliki pandangan luas akan mudah beradaptasi dengan keadaan.
.
Mereka melihat padang yang luas, langit biru yang bersih, sawah hijau dan gunung-gunung tinggi; membuat mereka sadar bahwa gedung-gedung tinggi buatan manusia selamanya tak akan mampu menandingi kuasa-Nya.
.
Fitrah alamnya berbicara, kemampuan nalarnya untuk memikirkan ayat-ayat kauniyah terasah secara langsung maupun tidak langsung.
.
Begitulah pula alasan Rabbani mengapa Rasulullah ﷺ dibesarkan oleh Halimah As Sa'diyah di padang Bani Sa'ad yang setiap harinya menyuguhkan suasana fresh yang meningkatkan daya tadabburnya.
.
Selain itu, di Perkampungan Bani Sa'ad, Nabi Muhammad kecil mendapatkan energi kefasihan bahasa, satu faktor terbesar yang di kemudian hari sangat mempengaruhi seni kepemimpinan beliau. Sebab, di kota banyak bahasa tercampur, hingga tepatlah suasana desa membuat Rasulullah mendapatkan kosakata yang jernih.